Kampus Ungu, Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support Di Hari Kedua

stikesicsada.ac.id – Sebanyak kurang lebih 35 orang Mahasiswa Kampus Ungu mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) di Gedung Kampus Ungu Lantai 1 Ruang B. Neuman.

Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung Kampus Ungu Lantai 1 Ruang B. Neuman ini telah memasukan hari kedua pelatihan Prodi s1 keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada bertanggungjawab mencetak calon perawat dengan keterampilan yang sesuai kompetensi. Yang mana, lulusan yang dihasilkan mampu berdaya guna dan berdaya saing di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Pencapaian tujuan itu oleh Prodi s1 Keperawatan juga dilakukan berbagai upaya seperti mengadakan pelatihan.

Berbicara soal perawat tentu tidak akan lepas dengan materi kegawat daruratan. Hal itu karena sertifikasi kemahiran kegawat daruratan dianggap menjadi salah satu syarat mutlak bagi perawat.

Kegawatdaruratan adalah ancaman jiwa yang memerlukan penanganan cepat, tepat, akurat dan berkesinambungan mulai pre-hospital maupun saat berada di fasilitas pelayanan kesehatan. Perawat sebagai salah satu tim dan pemberi pelayanan kesehatan bertanggungjawab untuk melayani pasien dengan mengedepankan sentuhan yang humanistik dan peka sosial.

Dilatarbelakangi hal itu, Prodi s1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro (STIKes ICsada) melakukan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) di Gedung Kampus Ungu Lantai 1 Ruang B. Neuman pada tanggal 30 Juli sampai 03 Agustus 2019. BTCLS sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kegawatdaruratan dasar trauma dan cardiac arrest (henti jantung) bagi calon perawat.

“Sebagai manusia, yang penting adalah bagaimana menjadi baik dan bermanfaat bagi sesama. Perawat mempunyai kewajiban untuk menyelamatkan jiwa secara profesional dengan tetap mempertahankan pendekatan humanistik, altruistik, penuh kasih sayang, dan memperhatikan etika legal aspect dalam keperawatan gawat darurat,”Jelas Ka. Prodi S1 Keperawatan

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*