Mahasiswa Kampus Ungu Laksanakan Praktik Keperawatan Jiwa

Munculnya wabah Covid-19 telah memaksa banyak pihak menyesuaikan diri agar terhindar dari virus dan tetap dapat menjalankan kegiatan yang telah direncanakan. Berbagai Instansi memutuskan untuk melakukan work from home (bekerja dari rumah) seiring dengan keputusan pemerintah untuk melakukan physical distancing sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian pendidikan dan kebudayaan juga mengeluarkan berbagai ketentuan yang tertuang dalam surat edaran Surat Edaran No 3 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah  dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease ( Covod-19). DiSurat Edaran LLDKTI wilayah VII Nomor 578 Tahun 2020, Tentang Pencegahan Corona Virus Diseasa (Covid 19)Pada Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII.

Pada pertengahan bulan januari sampai akhir januari 2021 pemerintah memberlakukan PPKM di jawa-Bali,kondisi ini menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk merubah praktik klinik keperawatan jiwa yang sebelumnya di RSJ kita alihkan ke praktik jiwa di masyarakat dan Skill Lab di kampus dengan tetap berupaya sesuai capaian kompetensi yang telah di tentukan oleh AIPNI.

Selain berupaya memenuhi capaian kompetensi sebagai mana yang telah di tentukan AIPNI,pelaksanaan praktik keperawatan jiwa yang di lakukan di masyarakat dan  di Laboratorium kampus dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan covid-19,sehingga tercapai tujuan pembelajaran dengan mengedepankan keamanan peserta didik/mahasiswa.

dalam masa pandemi ini kegiatan – kegiatan praktik mahasiswa tetap dilaksanakan dengan prinsip protokol kesehatan covid-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.

Tujuan Kegiatan ini :

  1. Melaksanakan asuhan keperawatan pada keluarga kelolaan yang mengalami ODGJ di masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan
  2. Melaksanakan komunikasi terapeutik pada saat pengkajian askep pada keluarga di era pandemi dengan penerapan protokol kesehatan dan Physical Distancing
  3. Mengidentifikasi peran perawat pada kasus psikiatri di masa pandemi covid -19
  4. Melaksanakan terapi modalitas dalam keperawatan jiwa di keluarga kelolaan dan di laboratorium kampus dengan penerapan protokol kesehatan.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti praktik jiwa di masyarakat yaitu 46 Mahasiswa semester V Program Studi S1 keperawatan.

  1. Pembimbing

Pembimbing institusi dilakukan oleh Dosen institusi yang telah ditentukan. Pembimbing klinik dilakukan oleh perawat Puskesms.

Pembimbing Institusi Pembimbing Klinik
Ns.Errix Kristian J,S.Kep., M. Kes Perawat Puskesmas
Ns.Yusuf Efendi,S.Kep., M. Kes Perawat Puskesmas
Ns.Ahmad Zaenal Abidin S.Kep., M. Kes Perawat Puskesmas

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*