Mahasiswa Semester I STIKes ICsada Laksanakan OSCE Gelombang Kedua

Selasa, 17 Januari 2017. OSCE gelombang kedua kembali dilaksanakan di laboratorium Gadar STIKes ICsada Bojonegoro. Gelombang kedua ini diikuti oleh mahasiswa semester 1 prodi ilmu keperawatan kelas A dan B.

Seperti ujian OSCE gelombang pertama kemarin, OSCE gelombang kedua ini dimulai pada pukul 08.00 WIB.  OSCE tahun ini berbeda dengan OSCE tahun kemarin. Jika OSCE tahun kemarin terdapat 8 stase yang diajukan, tahun ini hanya ada 4 stase yaitu pemasangan infus, oksigenasi, personal hygine, cuci tangan bersih dan bedah dikarenakan ada beberapa stase yang belum diujikan dan akan menyusul OSCE tahap kedua disemester II.

Penguji pada OSCE gelombang kedua ini juga berasal dari STIKes ICsada Bojonegoro sendiri. Antara lain ada Ns. Ahmad Zainal Abidin, S.Kep, Ns. M.Roni Al-Faqih, S.Kep, Ns. Ferawati, S.Kep, Ns. Bayu Akbar, S.Kep, Ns. Errix K.J, S.Kep, Ns. Maslichah, S.Kep, Ns. Ikha Ardianti, S.Kep dan Ns. Mei Fitria, S.Kep.

Mahasiswa hanya diberi waktu 15 menit untuk menyelesaikan setiap stase yang diujikan. “OSCE tahun ini berbeda dengan tahun kemaren, prasat yang diujikan lebih sedikit tapi tahun ini ditambahi dengan tes tulis dan masih terkonsep tahun ini. OSCE tahun ini evaluasinya dari kesiapan mahasiswanya lebih bagus dari tahun kemaren dan mahasiswanya banyak yang kurang siap, ia juga menambahkan ada mahasiswa yang tidak mengikuti OSCE dikarenakan sakit dan ada juga yang tanpa keterangan” ujar Ns. Siti Amiyakun S.Kep.

Yunia Sari salah satu mahasiswa ilmu keperawatan yang sedang mengikuti ujian OSCE mengatakan “Saya sangat gerogi, karena ini baru pertama kali saya mengikuti OSCE. Saya terus-terusan menghafalkan checklist, cari-cari vidio tentang pemasangan infus dan oksigenasi”. Ia juga menambahkan jika ia berharap akan lolos ujian OSCE dan kedepannya lebih bisa lagi. [Diah/Diaz]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*