Mahasiswa Semester I STIKes ICsada Laksanakan OSCE Gelombang Pertama

Senin, 16 Januari 2017. Kampus Ungu mengelar ujian OSCE yang diikuti oleh mahasiswa semester I prodi S1 Ilmu Keperawatan kelas A dan B. Sebanyak 32 mahasiswa mengikuti Ujian OSCE gelombang pertama yang dilaksanakan di Laboratorium Gadar STIKes ICsada Bojonegoro.

Ujian OSCE gelombang pertama ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.30. Terdapat 4 stase yang diujikan, yakni personal hygine, oksigenasi, pemasangan infus dan juga cuci tangan bedah dan bersih. Selain itu juga terdapat tes tulis terkait tentang anatomi fisiologi, perhitungan IMT (Indeks Masa Tubuh), BBI (Berat Badan Ideal), perhitungan kalori dan juga tetesan infus.

Penguji sendiri berasal dari dosen kampus STIKes ICsada Bojonegoro, anatara lain ada Ns. Zainal Abidin S.Kep, Ns. Yusuf Efendi S.Kep, Ns. Ferawati S.Kep, Ns. Mei Fitria S.Kep, Ns. Bayu Akbar K. S.Kep, Ns.Errik K. J. S.Kep, Ns. M. Mursyid S.Kep dan juga Ns. Ika Ardianti S.Kep M.Kep.

“Mahasiswa diberikan waktu 15 menit untuk setiap stase. Inhal (pengulangan) akan segera dilaksanakan setelah istirahat di hari itu juga. Dan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan besok pada jam yang sama” Ujar Ns. Siti Amiyakun S.Kep

Untuk semester I, menjalani OSCE adalah pengalaman pertama yang menegangkan. “Awalnya gugup dan heboh sendiri karena bingung dan gerogi. Ini pengalaman pertama saya menjalani OSCE, tapi setelah selesai saya merasa lega. Kesulitan saya dan teman – teman adalah komunikasi kepada pasien, jadi harus lebih belajar lagi.” Ungkap Galih Pandu Pambudi mahasiwa semester I STIKes ICsada Bojonegoro.

Empat stase yang diujikan memakai probandus phantom kecuali pemasangan infus. Sementara itu Ujian OSCE tahab selanjutnya akan dilangsungkan kembali di semester II mengingat masih ada beberapa prasat yang belum diujikan seperti injeksi IC (Intra Cutan), Injeksi IV (Intra Vena), Injeksi IM (Intra Muscular), Injeksi SC (Sub Cutan) dan lain lain. [Sandi/Adhe]

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*