Semarak Expo Posyandu 3 Kabupaten

Ada yang berbeda saat masuk ke gedung kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro di Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Bojonegoro, Selasa (7/6/2016). Sebab, papan nama Expo Posyandu langsung menyambut di pintu masuk utama Kampus Ungu, sebutan akrab Perguruan Tinggi (PT) terakreditasi BAN-PT tersebut.
13321783_10208076370900997_248142944932225786_n
Terdapat tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bojonegoro, Mojokerto dan Ngawi. Stand tiga wilayah tersebut diperankan oleh mahasiswa semester VI, Prodi S1 Ilmu Keperawatan, STIKes ICSADA Bojonegoro. Hari ini, untuk kelas VI A yang menggelar Expo Posyandu, dan dilanjut besok untuk kelas VI B, dengan materi yang hampir sama.

Koordinator Program Ners STIKes ICSADA Bojonegoro, Roni Alfaqih menjelaskan, jika kegiatan hari ini bagian dari mata kuliah Keperawatan Komunitas. Hal itu bertujuan untuk mengetahui perbedaan inovasi posyandu dari masing-masing kabupaten, mulai Bojonegoro, Ngawi dan Mojokerto. Selain itu agar paham dan mengaplikasikan secara langsung pelayanan kesehatan di posyandu dari aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

“Untuk pemilihan 3 kota itu, karena keunikan dari inovasi Posyandu yang ada di 3 kota tsrsebut,” katanya.

Diterangkan, jika dalam teori masih menggunakan sistem 5 meja dalam Posyandu, sedangkan di lapangan sudah ada meja inovasi, salah satunya ada di 3 kota tersebut. “Praktik di lapangan ternyata sudah luar biasa,” tambahnya.

Sementara itu salah satu pengunjung dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Dwi Setyorini mengaku terkejut dan memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa Kampus Ungu. Sebab, kreatifitas yang ditunjukkan sudah sangat luar biasa, walaupun masih ada yang perlu dibenahi.

“Kegiatan seperti ini bagus sekali. Tadi sempat tanya masing-masing stand,” pungkasnya.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*